Solusi jerawat

bismillah..

Keyword: obat jerawat, komedo, komedo ekstraktor, mengatasi jerawat

waktu dulu gua masih muda.. (ciyeeee) jerawat menyerang….. yang tadinya super imut, jadi ladang jerawat.. 😀

sampe stress kayaknya.. maklum masa2 labil.. senggol dikit langsung galau.

terus sempet ke dokter spesialis segala.. abis berapa tau deh.. muahal.. tapi emang beneran mendingan sih.. tapi karena gak kuat doku, akhirnya pindah ke Tull jye, masih mahal, tapi lebih terjangkau ketimbang ke dokter spesialis, yang ongkos periksa aja dulu udah kena 50 rebu.. muahal.

pake tull jye, wuiiih… bersih banget muka, ampe transparan. Temen2 sekelas sampe manggil humairah.. wakaka… karena tiap gua ketawa, muka gua merah… saking transparannya.

tapi karena gak ada doku juga.. akhirnya berhenti make, dan balik normal.. dan muka gua balik gak segitu beningnya.

jerawat juga masih sering menyapa sih.. masih rame.. saat pake tull jye atau sesudahnya, tapi udah gak separah waktu di awal2 SMA.

terus masuk kuliah sampe sekarang pun sebenernya masih jerawatan, tapi udah mendingan.

dan ternyata, nyembuhin jerawat gak susah2 banget sebenernya.

pertama, kita harus pahami apa itu jerawat dan apa yang menyebabkan itu terjadi.

jerawat terjadi karena adanya sumbatan di saluran keringat, alias pori-pori kulit.

cylim-1887953
Fig. 1 – Penampang samping kulit

Seperti terlihat di figur 1, ada kelenjar sebasius dan akar rambut. Dari pori, keluarlah rambut. Dari situ pula keringat dan minyak keluar. Masalah terjadi saat minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebasius tidak dapat keluar, yang menyediakan tempat nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak dan akhirnya berhasil menyerang jaringan kulit dan menimbulkan inflamasi, alias iritasi, bentol merah or jerawat.

Tidak ada yang salah dengan reaksi inflamasi ini. Inflamasi adalah reaksi wajar dari tubuh untuk melawan infeksi bakteri yang jumlahnya melebihi batas tertentu. Tentang bakteri itu sendiri, jangan kuatir dan terlalu takut dengan bakteri, karena kita selalu hidup bersama mereka, secara saling menguntungkan atau pun berperang. Jumlah bakteri di tubuh seorang manusia pun 10 kali lipat lebih banyak dari jumlah sel. Jadi bayangkan, kalau tubuh kita demokratis dan dibikin voting, maka bakteri lah yang bakal menang.

Sedikit info lagi soal bakteri, di dalam tubuh manusia, terutama di usus besar manusia, bakteri berperan sangat penting untuk dapat mencerna gula dan zat2 lainnya yang terlalu kompleks atau terlalu besar untuk dapat dipecah oleh enzim tubuh. Akhirnya di usus besarlah terjadi fermentasi oleh bakteri dan dihasilkanlah itu gas amonia yang bikin kentut wangi bau. Hasil sampingannya adalah zat-zat sederhana yang lalu dapat diserap oleh dinding usus besar. Bakteri2 ini sangat penting, bahkan ada terapi implant feses, alias cangkok kotoran manusia. Dengan kata lain, kotoran manusia lain dimasukkan ke dalam tubuh melalui dubur langsung ke dalam perut ke dalam orang yang membutuhkan [http://en.wikipedia.org/wiki/Fecal_bacteriotherapy]. Hasilnya cukup mencengangkan di mana orang tersebut menjadi lebih sehat dan tidak sering sakit2an lagi. Maka, jangan lah takut dengan bakteri, makan lah bakteri yang beragam dan banyak agar mereka semakin majemuk dan tentram gemah ripah loh jinawi di dalam perut kita..

eh, kok ini ngomongin bakteri. Balik lagi ke soal jerawat.

Jadi, karena inflamasi itu, akhirnya muncullah jerawat. Ada juga kejadian tidak sampai terjadi inflamasi, namun terbentuk komedo. Entah yang berwarna hitam atau pun putih ujungnya. Komedo adalah minyak yang telah menggumpal. O ya… ke depannya kita sebut minyak itu sebagai sebum, karena kalo ngomong minyak, gua ingetnya minyak goreng.

Sebum ini warna dasarnya putih, agak kekuning2an, namanya juga minyak/lemak. Lalu kalau terkena udara dan cahaya dalam waktu yang lama, berubah jadi hitam. Inilah yang disebut black heads dalam bahasa inggris. Alias komedo juga sih dalam bahasa indo, cuma hitam aja.

Komedo ini gak bikin merah kulit, tapi mungkin ganggu aja kali ya kalo udah besar dan banyak.. bahkan ekstrimnya bisa jadi segede bola bekel. Tidak terjadinya inflamasi di antaranya mungkin karena imun tubuh cukup kuat, jadi dia mampu mengontrol pertumbuhan bakteri di situ, yang akhirnya gak bikin iritasi kulit. Yang soal imun ini agak sotoy ya.. haha.. urusan gen juga ngaruh sih, di satu orang lebih sensitif dan jadi jerawat, di satu orang lainnya cuma berhenti jadi komedo.

paperbag
src: http://nomoredirtylooks.com/wp-content/uploads/paperbag.jpg

Nah, produksi sebum ini paling banyak saat hormon lagi tinggi, yaitu.. pas lagi puber, pas lagi stress dan akhirnya bikin peluang tersumbatnya makin tinggi. Jarang kegiatan olahraga yang mengeluarkan keringat juga bisa menyebabkan makin tersumbatnya pori2. Karena pada prinsipnya, sebum ini adalah mekanisme tubuh untuk dapat meningkatkan stamina tubuh, ketika misalnya berlari marathon atau kerja fisik yang lama dan berat. Kalau hanya keluar keringat, maka langsung lah manusia jadi dehidrasi. Karena minyak gak langsung nguap ke udara, maka dia bisa lebih lama menyalurkan panas tubuh. Di dunia ini hanya ada dua mamalia yang bisa berlari marathon, yaitu manusia dan kuda [ref]. Jadi, sering2lah beraktifitas dan olahraga, supaya aliran keringat makin lancar, dan pori2 terbuka lebih lebar biar minyaknya langsung kabur ke luar. Kurangi stress juga, enjoy hidup aja.. haha..

Ada kemungkinan lainnya yang bisa nyebabin pori2 tersumbat, yaitu pertumbuhan rambut yang salah arah, bukannya ke luar, tapi malah di bawah kulit, nah ini namanya in-grown hair dalam bahasa inggris, solusi utamanya adalah cuma dicabut dan dikeluarkan pake jarum medis dan pinset.

Mengeluarkan sebum secara paksa dapat menyembuhkan jerawat secara instan. Juga, dapat membersihkan komedo sehingga kulit lebih kinclong dan halus 😀

Alat untuk mengeluarkan komedo/sebum itu disebut comedone extractor, atau pengeluar komedo. Sebaiknya hindari tangan kosong, karena selain tidak efektif, malah jadinya bikin infeksi tambah parah dan menyebar. Pengeluar komedo seperti ditampilkan di figur 2.

blackhead remover kit
Fig 2 – Macam-macam mata pengeluar komedo

Di sana terlihat ada berbagai macam mata, yang digunakan untuk jenis komedo/sebum/jerawat tertentu. Mata yang runcing dan tajam itu adalah jarum untuk memecahkan jerawat tertutup, guna memberikan jalan keluarnya sebum. Dapat juga digunakan untuk mencungkil rambut yang terselip di bawah kulit untuk dikeluarkan. Sedangkan yang ada lubang2nya itu, digunakan untuk menekan jerawat/komedo/sebum secara perlahan-lahan dari dalam kulit. Gua sendiri punya yang tipe di figur 3 dan 4. Yang paling enak sih yang figur 4 karena bisa buat bersihin komedo di hidung dengan cara dipencet.. hihi..

komedon_extract1
Fig 3 – Pengeluar komedo dengan bulatan cincin dan mangkuk

Comedone_Extractor
Fig 4 – Pengeluar komedo dengan cincin lonjong

Berikut video demonstrasi pengeluaran komedo dan jerawat. O ya.. semua video ini mungkin agak sensitif dan menjijikkan bagi beberapa orang, tapi ya.. gimana.. kita musti berani kotor supaya bisa bersih sih.. 😀

Pengeluar komedo dapat dibeli di toko2 terdekat anda, atau dapat juga dibeli di daiso, sekitar 20 ribuan rupiah. kalau emang bener2 gak ada doku or susah dapetnya, pake sedotan aqua juga bisa, kayak di video ini:

==============================================================================

Untuk rangkuman, tips buat ngilangin jerawat sebagai berikut:

  1. Banyak olahraga, terutama yang berkeringat. Banyak minum juga, supaya sehat.
  2. Kurangi stress, karena saat stress, imunitas tubuh menurun, dan akhirnya membuat peluang terjadinya iritasi kulit semakin besar dan menghasilkan jerawat, yang kemudian membuat tambah stress, lalu akhirnya makin lemah.. dan seterusnya.. haha.. so, dimulai dengan berpikir positif, jerawat bukan akhir dari segalanya.
  3. Minum suplemen multivitamin, terutama vitamin C bila perlu, agar imunitas tubuh terjaga. Minimal 500mg sehari kebutuhan vit C rata2 terpenuhi. Beli yang murah aja, 300 pil satu toples biar irit :rate  Niscaya iritasi berkurang karena tubuh lebih kuat. Yang menghasilkan komedo saja, yang nanti akan kita keluarkan pada tahap selanjutnya. Kalo dirasa perlu, supaya recovery kulit lebih cepat, bisa pakai krim muka saat malam.
  4. Jaga kebersihan kulit, mandi.. atau paling gak cuci muka yang bersih, jangan digosok kenceng2.. gosok biasa aja.. biar gak iritasi. Jangan percaya ama iklan sabun muka yang aneh2.. ada scrubnya segala lah.. itu orang jualan obat. pake sabun mandi biasa juga gak masalah, pake lux batangan gitu misalnya. Yang penting dijaga aja kebersihannya, dan itu tadi imunitas tubuh juga harus dijaga, ini saling berkaitan. Satu hal lagi, jangan suka nyentuh2 muka.. jauhkan tanganmu dari mukamu.. hahaha…
  5. Untuk pencegahan jerawat juga bisa dengan rutin mengeluarkan sebum yang bersarang di bawah kulit, terutama di bagian hidung. Ditekan2 aja dengan alat pengeluar komedo itu, nanti keluar sendiri
  6. Bila jerawat sudah terjadi, deteksi jerawat jenis apa. Kalau jerawat kecil2 atau merah-merah lebar datar, mungkin itu karena alergi, kalo emang parah segera periksakan ke dokter. Kalau jerawatnya itu tinggi2 kayak ada isinya.. dan saat kita tekan agak sakit, nah.. itu sasaran kita untuk dibunuh. Gunakan komedon ekstraktor untuk mengeluarkannya.

==============================================================================

Bisul, bisa dibilang jenis lain dari jerawat yang ekstrim. Apa yang kita lakukan? keluarkan matanya kan? nah.. ya mirip gitu.. 😀 Kalau udah keluar, besoknya sembuh dan rata lagi.. yang penting nutrisi kita juga terpenuhi, maksudnya makannya yang bener, gak kurang gizi gitu.. biar tubuh bisa membangun ulang jaringan2 yang rusak  :lapar

O ya.. sebelum melakukan pengeluaran komedo, disarankan untuk membersihkan alat dengan alkohol atau antiseptik, supaya gak bikin infeksi. Minimal dicuci bersih dulu. Dan muka, biar pori2 terbuka, dicuci atau diuapi pake aer anget.. kalo sempet  :tabrakan:

Mudah2an bermanfaat, ini hasil dari pengalaman pribadi dan banyak nonton youtube.. haha…

info lebih lanjut, bisa japri ke [email protected]  :cekpm

NB:
fig 1: http://www.mouthpimples.com/hair-shaft.jpg
fig 2: http://www.venusworldwide.com/images/blackhead%20remover%20kit.jpg
fig 3: http://i00.i.aliimg.com/wsphoto/v1/793090364/10PCS-Silver-Blackhead-Comedone-Acne-Blemish-Extractor-Remover-Cosmetic-Tool-Drop-Shipping-Wholesale.jpg_350x350.jpg
fig 4: http://beautybanter.com/wp-content/uploads/sites/11/2011/08/Comedone_Extractor.jpg

Discuss - No Comments

No comments yet. Why not add one below?

Add a Comment

Your email address will not be published. Note marked required (*) fields.

[+] kaskus emoticons nartzco

Categories